Wednesday, November 24, 2010

Social Network

Dalam dunia internet sekarang kelihatannya masa keemasan dari situs-situs jejaring sosial. Mulai dari friendster yang menghubungkan jutaan umat di seluruh dunia, hingga fenomena saat ini yang menggemparkan dunia yaitu Facebook dan Twitter. Jutaan informasi setiap detiknya melalui lalu lintas data di berbagai social network yang ada saat ini.

Apakah kalian tahu Twitter? Nah Twitter adalah micro-blogging atau blog mikro atau dapat dikatakan jejaring sosial seperti Facebook. Saat ini, di Indonesia Twitter masih kalah dengan Facebook yang hingga saat ini terdapat 500 juta lebih pengunjung di seluruh dunia. Tetapi apakah anda tahu Twitter juga merupakan jejaring sosial yang cukup ampuh apabila anda memanfaatkannya untuk mencari, mendapatkan teman serta memasarkan bisnis online anda.

Di Amerika, Twitter sangatlah populer bahkan hampir sama dengan Facebook. Salah satu penyebabnya mengapa Twitter begitu populer adalah karena kesederhanannya serta mampu menjawab tantangan sebuah media sosial untuk saling berkomunikasi secara lebih simpel antar pengguna.

Twitter didirikan oleh 3 orang yaitu Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams pada bulan Maret 2006 dan diluncurkan pada bulan Juli di tahun yang sama. Twitter adalah jejaring sosial dan micro-blogging dimana kita sebagai pengguna dapat memberikan informasi tentang diri kita, bisnis dan lain sebagainya. Bagi anda yang sudah biasa dengan dunia blog tentunya paham bahwa kita dapat menuliskan artikel ke dalam blog kita. Namun jangan membayangkan bahwa Twitter juga dapat melakukan hal tersebut dengan bebas namun disinilah uniknya Twitter. Kita hanya dibatasi 140 karakter untuk menuliskan sebuah karakter, tidak bisa gambar dan video. Oleh karena itu, Twitter digolongkan ke dalam jenis micro-blogging. Mungkin ini salah satu alasan mengapa orang Indonesia kurang menyukai micro-blogging. Tetapi justru inilah letak kekuatan dan kehebatan Twitter. Tapi jangan anggap enteng dulu Twitter, saat ini Indonesia sudah sangat banyak dan semakin bertambah untuk menggunakan Twitter.

Awalnya layanan ini diberi nama 'twttr', terinspirasi dari nama sharing foto Flickr. Dan layanan ini awalnya juga terbatas digunakan oleh perusahaan Odeo saja.

Juli 2006 layanan ini mulai diluncurkan untuk public dengan nama “Twitter”. Nama layanan situs tersebut diperkuat dengan logo burung dan arti nama “Twitter” sendiri yang artinya ; kicau burung. Saat peluncuran pertama kali Twitter sudah memiliki brand, nama serta identitas yang jelas, padahal pendirinya belum tahu akan seperti apa model bisnis layanan ini.

Oktober 2006, Jack Dorsey menggandeng Biz Stone, Evan Williams membentuk Obvious Corp untuk membeli asset Odeo serta Twitter. Selanjutnya Odeo dan Twitter menjadi perusahaan yang terpisah. Untuk sumber dana dari Twitter sendiri didukung oleh perusahaan modal ventura (yang umum sering mendanai perusahaan start up yang potensial) seperti ; Benchmark Capital, Institusional Venture Partners, Union Square Ventures. Proses pendanaan Twitter ini menjunjukkan bahwa dalam bisnis teknologi internet seringkali suatu model bisnis awal memerlukan “suntikan dana” yang kuat. Karena belum tahu kapan model bisnis ini akan mulai menghasilkan. Sehingga perencanaan keuangan yang kuat mutlak diperlukan agar bisa survive dan menghasilkan cashflow positif.
Tipping point (meminjam judul buku Malcolm Gladwell) dari Twitter muncul pada saat festival music dan film South by SouthWest Festival di Austin Texas 2007. Pihak Twitter dengan cerdik memasang dua layar televisi raksasa untuk menayangkan secara live, pesan-pesan Twitter. Akirnya Twitter mendapat pemberitaan yang positif setelah event tersebut dan angka Tweet melonjak dari 20.000 menjadi 60.000. Dan sampai tahun 2009 jumlah pengguna Twitter terus tumbuh sampai 1382%/ bulan, fantastik. Pelajaran untuk hal ini, bagi para pelaku bisnis, terutama bisnis start-up harus cerdas memanfaatkan momentum untuk mendapatkan pemberitaan positif mengenai produknya, istilah kerennya “tipping point”. Bukan suatu hal yang tidak mungkin setelah ‘tipping point” akan terjadi pertumbuhan yang eksponensial.
Twitter terus berkembang menjadi situs micro-blogging dan menjadi media alternatif yang menarik ditengah hiruk pikuknya situs-situs jejaring sosial, dijaman Internet Web 2.0. Twitter tahun 2009 menambahkan kolom pencari (search bar), popular topics yang kemudian menjadi trending topics. Inovasi ini telah menempatkan Twitter menjadi salah satu mesin pencari (search engine) yang khas dan unik. Mencari sesuatu berdasarkan topik-topik yang menjadi tema tweet para “Tweeps”.
Suatu bentuk pencarian yang real-time dan lebih human mind-oriented. Twitter juga menambahkan fitur “Twitter List” yang memungkinkan kita mengikuti dan membalas daftar authors, bukan hanya sekadar mem-follow autor individu.
Inovasi-inovasi Twitter tersebut berbuah manis, pada awal tahun 2010, Google dan Microsoft membayar puluhan juta dollar untuk memasukkan hasil pencarian Twitter kedalam hasil pencarian search engine Google dan Bing (milik Microsoft).Ini adalah bukti Twitter mulai memiliki model bisnis yang potensial. Pesan moralnya adalah jangan pernah berpuas diri, pahami potensi kebutuhan pelanggan anda, lakukan perbaikan dan terobosan teru menerus. “Understand your costumers and revolve continuously , good is the enemy of the Great”.
Google sebagai pemain besar teknologi internet telah melaunching Google Buzz, sebagai bentuk media sosial Google. Buzz ini terintegrasi dengan layanan Google Mail. Dan Buzz ini bisa jadi sebagai pesaing terbesar Twitter.
Mampukah Twitter bertahan ?
Tapi yang jelas Twitter selama ini mampu memberikan layanan teknologi media sosial yang mampu menarik banyak pengguna, mulai dari individu sampai korporasi besar. Twitter mampu berperan sebagai media sosial alternatif yang menciptakan gaung tersendiri di era Web 2.0.

Pertumbuhan

Sudah lebih dari 400.000 tweets diposting per kuartal pada tahun 2007. Kemudian berkembang menjad 100 juta tweets diposting per kuartal pada 2008. Pada akhir tahun 2009, 2 miliar per kuartal tweets sudah diposting. Pada kuartal pertama tahun 2010, 4 miliar tweets yang diposting. Pada bulan Februari 2010 pengguna Twitter mengirimkan 50 juta tweets per hari. Pada Juni 2010, sekitar 65 juta tweets yang diposting setiap hari, setara dengan sekitar 750 tweets dikirim setiap detik, menurut Twitter.
Pengguna Twitter akan menjadi lebih aktif ketika ada kejadian menonjol. Sebagai contoh, rekor diciptakan pada Piala Dunia 2010, ketika penggemar menulis 2940 tweets per detik di kedua periode 30 setelah Jepang mencetak gol melawan Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor dipatahkan lagi ketika 3085 tweets per detik yang diposting setelah kemenangan Los Angeles Lakers di Final NBA 2010 pada tanggal 17 Juni 2010. Hal ini pun terjadi ketika penyanyi Michael Jackson meninggal dunia pada tanggal 25 Juni 2009, server Twitter turun karena pengguna memperbarui status mereka untuk memasukkan kata-kata "Michael Jackson" pada tingkat 100.000 tweets per jam.

Konten Dalam Twitter

Home

Pada halaman utama kita bisa melihat tweets yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita. Selain itu di halaman utama ini

 

Profile

pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta tweet yang sudah pernah di-posting.

 

Follower

Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi follower akun seseorang, maka tweets seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.

 

Following

Kebalikan dari follower, following adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar tweets yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.

 

Mentions

Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.

Favorite

Tweets ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.

Direct Message

Fungsi direct message lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.

Hashtag

penanda yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga

List

pengguna twitter dapat mengelompokkan following mereka ke dalam satu grup atau list. sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para username yang mereka follow

Trending Topic

topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan

Isi Tweet

Isi Tweets menurut Pear Analytics.
§                     Berita
§                     Spam
§                     promosi diri
§                     Celoteh tidak berarti
§                     Percakapan
§                     Pass-along nilai

 

Peringkat

Twitter adalah merupakan salah satu dari 10 situs web yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia oleh Alexa trafik web analisis. Februari 2009 Compete.com blog entry mengatakan bahwa Twitter berada di tingkat ketiga sebagai situs yang digunakan jaringan sosial berdasarkan jumlah pengunjung bulanan sebanyak 6 juta pengunjung. Pada bulan Maret 2009, Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai situs yang tumbuh tercepat--dalam kategori Komunitas Anggota. Twitter memiliki pertumbuhan bulanan sebesar 1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada Februari 2008 menjadi 7 juta pada Februari 2009.

Aplikasi pihak ketiga

Kurang dari setengah tweets yang diposting menggunakan web, sedangkan sebagian besar pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga (berdasarkan analisis 500 juta tweets oleh Sysomos). Ada banyak alat atau aplikasi dari twitter. Beberapa di antarnya adalah aplikasi TweetDeck, Salesforce.com, HootSuite, Twitterfeed, Ubertwitter, Snaptu, dan masih banyak lagi.

Demografi

Menurut sebuah studi oleh Sysomos pada bulan Juni 2009, perempuan membentuk sebuah demografi Twitter lebih besar daripada laki-laki dimana persentasenya adalah 53% lebih dari 47%. Ia juga menyatakan bahwa 5% dari pengguna menyumbang 75% dari semua aktivitas, dan bahwa New York memiliki Twitter sebagian besar pengguna.
Pada perkembangannya, Twitter yang awalnya dirancang untuk digunakan oleh orang dewasa sebagai sarana pendukung dalam pekerjaan, sekarang ini justru didominasi oleh remaja. Hal ini dikarenakan fungsi Twitter yang sekarang sebagai wadah berkumpulnya para penggemar artis-artis. Bisa saja pengguna twitter tersebut adalah selebritis atau hanya sekedar basis fans. Dengan begitu para pengikut akun selebritis tersebut bisa memantau berita terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang pertama kali menjaing satu juta pengikut dan juga sebagai pelopor akun selebritis adalah Ashton Kutcher. Kemudian diikuti oleh Oprah WinfreyBritney Spears, dan lain-lain.


Pengaruh situs jejaringan sosial
Dengan berkembangnya dunia teknologi , saat ini banyak situs - situs jejaring sosial yang menyedot perhatian banyak massa . Sebut saja Facebook yang belakangan ini sangat digandrungi anak kecil , remaja maupun dewasa . Sudah dapat dipastikan situs jejaring sosial ini memiliki dampak positif dan negatif bagi penggunanya itu sendiri . Pemanfaatan internet akhir - akhir ini mengalami perkembangan yang sangat pesat . Media internet tidak lagi hanya sekedar menjadi media berkomunikasi semata , tetapi juga sebagai bagian tak terpisahkan dari dunia bisnis , industry , pendidikan dan pergaulan social . Khusus mengenai jejaring social atau pertemanan melalui dunia internet , atau lebih dikenal dengan social network pertumbuhannya sangat mencengangkan .
Jejaring sosial adalah sebutan lain terhadap web community . Jejaring sosial adalah tempat untuk para netter berkolaborasi dengan netter lainnya . Bentuk kolaborasi antara lain adalah 
* saling bertukar pendapat / komentar
* mencari teman
* saling mengirim email
* saling memberi penilaian
* saling bertukar file dan lain sebagainya 
Intinya situs jejaring sosial di kategorikan sebagai inter - aktivitas , contohnya :
1 . Jaringan sosial di internet
Jejaring sosial atau jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul - simpul ( umumnya adalah individu atau organisasi ) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai , visi , ide , teman , keturunan , dll .
Jejaring sosial sebagai struktur sosial yang terdiri dari elemen - elemen individual atau organisasi . Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas , mulai dari mereka yang dikenal sehari - hari sampai dengan keluarga .
2 . Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota , kerja , sekolah , dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain . Orang juga dapat menambahkan teman - teman mereka , mengirim pesan , dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya .
Tentu saja situs jejaring sosial ini memiliki banyak dampak positif dan negatif atau banyak keuntungan yang diperoleh juga kerugian yang dihasilkan .
Dampak negatif :
1 . Kecanduan situs jejaring sosial seperti Facebook juga bisa membahayakan kesehatan karena memicu orang untuk mengisolasikan diri . Meningkatnya pengisolasian diri dapat mengubah cara kerja gen , membingungkan respons kekebalan , level hormon , fungsi urat nadi , dan merusak performa mental .
2 . Seseorang yang menghabiskan waktunya di depan komputer akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktivitas ini dapat menimbulkan kondisi fisik yang lemah , bahkan obesitas .
3 . Kerusakan fisik juga sangat mungkin terjadi . Bila menggunakan mouse atau memencet keypad ponsel selama berjam - jam setiap hari , seseorang dapat mengalami cedera tekanan yang berulang - ulang . Penyakit punggung juga merupakan hal yang umum terjadi , pada orang-orang yang menghabiskan banyak waktu duduk di depan meja komputer .
4 . Media elektronik , seperti komputer , laptop , atau handphone ( ponsel ) juga menghancurkan secara perlahan - lahan kemampuan anak - anak dan kalangan dewasa muda untuk mempelajari kemampuan sosial dan membaca bahasa tubuh . Maksudnya adalah seseorang akan mengalami pengurangan interaksi dengan sesama mereka dalam jumlah menit per harinya menyebabkan jumlah orang yang tidak dapat diajak berdiskusi mengenai masalah penting , menjadi semakin meningkat setiap harinya .
Dampak positif :
1 . Memperluas pergaulan .
2 . Sebagai media promosi dalam bisnis .
Semenjak situs jejaring sosial seperti facebook muncul jadi menyedot perhatian publik . Sebagian besar menghabiskan waktu berjam - jam untuk mengunjungi situs tersebut . Oleh karena itu diperlukan cara untuk mengatasi kecanduan jaringan sosial ini seperti dengan membatasi waktu penggunaan internet , terutama situs jaringan sosial . Kita juga perlu belajar menggunakan jaringan internet secara bijak sehingga kita tidak menjadi orang yang mencandu akan jejaring sosial . Sebaiknya para pengguna situs jejaring sosial ini tidak harus berhenti total untuk tidak menikmati situs tersebut , namun lebih bijak kalau secara perlahan untuk menguranginya yaitu dengan mengurangi jam bermain Facebook . 

Tidakkah anda kecanduan jaringan sosial internet ?
Kecanduan jaringan sosial internet ( internet social network ) , kedengarannya merupakan sesuatu yang mustahil terjadi . Terlalu mengada - ada . Mana mungkin jaringan sosial internet bisa menjadi candu , jika tidak bisa dinikmati seperti layaknya makanan ?
Namun kecanduan jaringan sosial internet merupakan ancaman yang benar - benar ada . “ Facebook adalah tempat yang menyenangkan . Anda tak perlu berurusan dengan hal - hal yang merepotkan ” kata Joanna Lipari , psikolog University of California , Los Angles .
Memang dampak negatif jaringan sosial internet belumlah setragis dampak negatif narkoba . Atau secara psikologis belum mampu membuat semangat orang terpuruk , seperti para caleg yang depresi karena tidak terpilih . Namun ancaman ini benar - benar nyata . Seorang ibu di Amerika Serikat mengatakan bahwa anaknya menghabiskan waktu berjam - jam untuk bermain di jaringan sosial internet . Panggilan , bahkan e-mailnya tidak diindahkan sama sekali .
Ada lagi kisah pasangan suami istri yang harus berpisah hanya karena salah satu dari mereka berhubungan via jaringan sosial internet dengan mantan pacarnya . Kepada mantan pacarnya , orang itu menulis pesan bahwa pernikahannya tidaklah sebahagia yang diharapkan . Bahkan seorang anak harus mati bunuh diri hanya karena membaca tulisan seorang temannya yang sudah dewasa bahwa kehidupan orang dewasa tidaklah menyenangkan .
Memang belum ada bukti nyata tentang dampak negatif jaringan sosial internet . Namun ada sebuah survei terhadap pekerja di Amerika Serikat ( US ) dan Inggris ( UK ) mengenai penggunaan internet untuk kepentingan pribadi pada jam kerja . Survei ini menyatakan 63 % responden mengaku sibuk dengan e-mailnya di tempat kerja . 51 % responden US dan 56 % responden UK melakukan on line up date secara reguler di tempat kerja . 85 % responden US dan 89 % responden UK mengira bahwa penggunaan internet untuk keperluan pribadi di tempat kerja masih bisa diterima oleh perusahaan . Bahkan 72 % responden US dan 80 % responden UK mengatakan bahwa mereka seharusnya diberi akses lebih besar menggunakan internet untuk kepentingan pribadi . Dan jika dibuat aturan pembatasan penggunaan internet untuk kepentingan pribadi , hanya 5 % responden US dan 3 % responden UK yang akan menaatinya . Penggunaan jaringan internet perusahaan untuk keperluan pribadi secara berlebihan tentu akan membebani jaringan internet perusahaan .
" Ah itu kan di Amerika dan di Eropa , kita kan di Indonesia " Mungkin kita akan berpikir demikian . Namun ada baiknya jika kita mengaca diri . Ada berbagai ciri yang kelihatannya akurat dalam mengukur kecenderungan ini .
Joanna Lipari menyajikan lima ciri pecandu Facebook . Pertama , mengurangi jatah tidur malam demi Facebook . Kedua , menghabiskan lebih dari saju jam tiap hari hanya untuk bermain di Facebook . Ketiga , berhubungan dengan mantan kekasih dan menjalin cinta yang obsesif . Keempat , mengurangi jatah bekerja karena Facebook lebih menarik . Dan kelima , jika Anda kehilangan akses terhadap Facebook , Anda berpikir akan “ berkeringat dingin ”
Julian Cole juga menyajikan ciri - ciri kecanduan jaringan sosial internet . Pertama , sering mengunjungi situs jaringan sosial . Kedua , mengalami dampak negatif psikologis dan fisikis jika tidak dapat mengakses jaringan sosial internet . Dan ketiga , menjadwalkan kegiatan - kegiatan di sekitar waktu on line .
Natali del Conte , senior editor CNET com , mengatakan bahwa jika anda normal maka anda harus mampu hidup normal di dunia nyata tanpa kehadiran jaringan sosial internet .
Tora Stiles menuliskan 10 tanda jika Anda kecanduan Facebook . Pertama , Facebook menjadi “ homepage ” mu . Kedua , Anda meng - up date status Facebook lebih dari dua kali sehari . Ketiga , Anda memiliki 500 “ teman ” , dimana separuhnya belum pernah Anda temui . Keempat , jika Anda tidak di depan komputer Anda akan mengaktifkan Facebook HP . Kelima , Anda menjadi Facebook “ stalker ” , yaitu jika melihat profil orang lain dengan atau tanpa pesan . Anda menarik dan memasang ( dragged and dropped ) lebih dari tiga foto Facebook . Keenam , Anda mengganti foto profil Anda . Ketujuh , Anda memeriksa Facebook Anda ketika membaca artikel ini . Kedelapan , Anda menghapus “ dinding ” Anda sehingga kelihatan jarang mengunjungi Facebook . Kesembilan , Anda menjadi anggota lebih dari sepuluh group dan merespon setiap ajakan meski Anda tahu bahwa group tersebut belum tentu bermanfaat bagi Anda . Dan kesepuluh , Anda mengubah status hubungan Anda sehingga orang lain terkacaukan .
Mengapa jaringan sosial internet mampu mempengaruhi keseharian hidup kita ? Menurut Mary Helen , dalam jaringan sosial internet , arus informasi berdatangan dengan sangat deras . Secara normal informasi ini akan dicerna oleh logika dan dilanjutkan ke area emosi . Jika informasi terlalu cepat berubah , maka akan terjadi kesenjangan antara logika yang menerima informasi dan emosi . “ Jika sesuatu terjadi terlalu cepat , Anda mungkin akan kehilangan emosi Anda terhadap orang lain dan akan berpengaruh terhadap moralitas Anda ” kata Mary Helen .
Berdasar scan otak diketahui bahwa orang bisa memproses dan merespon kesengsaraan orang lain . Namun butuh waktu untuk mengungkapkannya . Masih menjadi pertanyaan di kalangan ahli bagaimana ongkos emosi ( emotional cost ) jika hal ini terjadi pada orang muda .
Bagaimana solusinya ?
Natali del Conte menyatakan bahwa solusinya adalah dengan menghindari kecenderungan kecanduan internet . Pertama , dengan menentukan alokasi dan batasan waktu penggunaan internet , terutama situs jaringan sosial . Kedua , dengan mematikan dering tanda e-mail ( e-mail notifications ) . Ketiga , jangan meninggalkan jendela ( window ) jaringan sosial internet terbuka jika sekiranya sudah tidak terlalu dibutuhkan . Keempat , jangan menggunakan aplikasi jaringan sosial internet pada HP .
Kita juga perlu belajar menggunakan jaringan internet secara bijak . Ada baiknya Anda membaca surat - surat Paus ( www.vatican.va ) dalam rangka Hari Komunikasi Sosial Sedunia , terutama untuk tahun 2009 ini . Bapa Suci menulis bahwa hendaknya mode komunikasi digunakan untuk mendorong kemajuan peradaban . Artinya mengoptimalkan yang positif dan meminimalkan yang negatif . Meski ajaran ini dikeluarkan oleh institusi Gereja , namun ajaran ini bersifat universal , sehingga bisa dipelajari oleh siapa saja .


sumber:
http://www.unikaja.com/2010/05/sejarah-twitter.html#axzz169zZ6Isr
http://forum.vivanews.com/showthread.php?t=13826

No comments:

Post a Comment