Monday, October 31, 2011

Pengalaman


Pengalaman ialah hasil persentuhan alam dengan panca indra manusia. Berasal dari kata peng-alam-an. Pengalaman memungkinkan seseorang menjaditahu dan hasil tahu ini kemudian disebut pengetahuanhttp://id.wikipedia.org/wiki/Pengalaman
Saya kerap kali mendengar istilah seperti ‘PENGALAMAN ADALAH GURU TERBAIK DALAM KEHIDUPAN’ atau ‘PENGALAMAN MENGAJARIKU SEGALANYA’.
Dalam aplikasi di kehidupan sehari-hari, menurut saya kembali lagi pada pribadi masing-masing orang. Dengan hal-hal yang telah atau pernah terjadi dalam hidupnya apakah seseorang dapat belajar dari pengalaman itu atau tidak. Sering mendengar ‘jatuh di lubang yang sama’?
Itu adalah buat orang yang sudah pernah mengalami hal tidak menyenangkan tapi tidak dapat belajar dari situ. Antara kepekaan akan keadaan dan pilihan akan kehidupan.
Mengapa saya bilang kepekaan dan pilihan?
Pertama, kepekaan.
Menurut saya jika sesuatu hal pernah terjadi dalam hidup seseorang dan itu tidak menyenangkan buat dia apakah dia memiliki kepekaan untuk situasi selanjutnya agar tidak terulang? Kepekaan setiap orang memang berbeda tapi dalam hidup ini kepekaan itu perlu diasah menurut saya. Semakin peka akan keadaan, maka semakin kecil kemungkinan hal yang buruk yang pernah terjadi akan terulang lagi.
Kedua, pilihan.
Menurut saya kembali lagi pada kehidupan ini semua tentang pilihan. Dalam hal pengalaman, kadang seseorang memiliki kepekaan yang cukup akan keadaan dan pengalaman yang pernah terjadi namun apakah dia mau untuk bangkit atau membuat perubahan dari hal yang dulu pernah terjadi? Itu semua tergantung pilihan. Seseorang bisa ‘jatuh `lagi` di lubang yang sama’ bukan karena kurang pekanya, tapi karena dia memilih untuk seperti itu.
Sebenarnya banyak hal yang dapat dipelajari dari Pengalaman tergantung pada sudut pandang tiap orang melihat pengalaman itu sendiri.
Pengalaman tidak seutuhnya buruk. Banyak juga pengalaman baik dan itu membuat kita terpacu untuk memiliki pengalaman-pengalaman yang lebih baik dari yang baik yang pernah terjadi.
Pengalaman yang buruk maupun yang baik membentuk karakter kita menjadi sebagaimana kita sekarang. Jika ingin memiliki karakter yang baik, belajarlah untuk berpikir positif, mengambil hikmah dan mau belajar dari setiap pengalaman, bertindak tegas dan selalu melakukan yang terbaik. Sehingga dalam setiap pengalaman yang dilewati adalah puncak-puncak kehidupan.
Life is too short to be wasted and not doing best.
DO THE BEST AS GOOD AS YOU CAN and THE EXPERIENCE IS NOT MAKE YOUR CHARACTER ANYMORE, BUT YOU WHO MAKE WHAT’S EXPERIENCE YOU WANT TO HAVE. 

No comments:

Post a Comment