Sunday, January 27, 2013

Penyebab Batuk Khronis

batuk_berdahakBatuk kerap kali di anggap sebagai gangguan kesehatan ringan. Untuk meredakan batuk, biasanya dengan mengonsumsi obat batuk. Tetapi, pada beberapa orang cara ini tidak tepat dan batuk pun kembali datang ketika kita tidak mengkonsumsi obat.
Banyak penyebab mengapa batuk menjadi tak kunjung reda. Untuk itu, ketahuilah apa saja penyebab batuk kronis yang sering kambuh saat kita tidak meminum obat, agar anda bisa menghindarinya. Berikut adalah pemicu batuk kronis :
  1. Infeksi Saluran Pernapasan
    Batuk adalah salah satu gejala paling umum penyakit pilek dan flu  dan infeksi saluran pernapasan lainnya. Batuk kronis dapat bertahan lebih lama dari gejala lain, karena saluran udara di paru-paru tetap peka dan meradang. Kondisi ini disebut  sindroma batuk kronis bagian atas.Infeksi yang lebih serius adalah pneumonia, yang dapat disebabkan bakteri atau virus. Karakteristiknya batuk disertai dahak berwarna kehijauan disertai menggigil, demam, nyeri dada, rasa mual dan rasa lelah.
  2. Asma
    Asma adalah penyakit paru-paru kronis dimana saluran udara di paru-paru rentan terhadap inflamasi dan pembengkaka. Saat dada terasa kencang dan sesak nafas disertai batuk adalah gejala karakteristik asma, yang cenderung intensif pada malam hari atau pagi. Ketika gejala asma tiba-tiba muncul, ini dikenal sebagai serangan asma.
  3. Polusi Udara
    Polusi udara memang sulit dihindari, terutama di jalan raya. Polusi udara juga penyebab utama batuk yang tak kunjung reda. Dalam jangka pendek, asap knalpot misalnya dapat membuat batuk kering atau berdahak dan iritasi pada paru-paru. Belum lagi debu-debu di sekitar yang ikut terhirup bersama polusi karbon.Hal ini membuat batuk menjadi lebih parah dan sulit untuk reda. Untuk menghindarinya, gunakalah selalu masker saat Anda pergi ke tempat yang tercemar banyak polusi udara. Usahakan tiap akhir minggu, mengunjungi tempat yang memiliki udara segar untuk membersihkan.
Setelah anda mengetahui apa saja yang menyebabkan batuk kronis, sebaiknya bisa lebih berhati hati lagi agar tidak terserang penyakit batuk dan jangan lupa meminum suplemen multi vitamin agar tetap sistem kekebalan tubuh anda tetao kuat.. Demikian artikel tentang penyakit batuk, semoga artikel ini dapat membantu anda.

Sumber: 

No comments:

Post a Comment